Source Image: Freepik.com

5 Tips Investasi Properti, Dijamin Untung Banyak!

Investasi properti merupakan salah satu langkah untuk mengamankan aset, terutama dari pengaruh inflasi. Agar untung banyak, lakukan tips berikut ini

Investasi merupakan salah satu langkah untuk mengamankan uang, terutama dari pengaruh inflasi. Ada banyak cara untuk berinvestasi dan yang paling banyak digemari adalah investasi properti.

Properti sendiri ialah penyebutan untuk sebidang tanah atau bangunan, termasuk dengan sarana dan prasarana yang ada. Adapun yang termasuk jenis properti adalah rumah, apartemen, ruko, kantor, tanah, vila, sawah, perkebunan, dan lain-lain.

Tips Investasi Properti yang Menguntungkan

Untuk mendatangkan keuntungan, kamu tidak harus selalu menjual properti tersebut, tetapi bisa juga dengan menyewakannya. Namun, jangan terburu-buru mulai berinvestasi dalam bidang properti. Minimal, pertimbangkan beberapa poin berikut ini:

1. Tepat Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi harus menjadi pertimbangan utama, jika kamu berorientasi pada keuntungan, baik di masa kini maupun mendatang. Sebagus apapun kondisi properti, apabila lokasi tidak menguntungkan, kecil kemungkinan akan menarik pembeli atau penyewa.

Begitu juga sebaliknya, lokasi yang strategis bisa melipat-gandakan harga jual properti di kemudian hari. Oleh karena itu, saat memilih lokasi sebaiknya pertimbangkan 5 kriteria berikut:

  • Dekat dengan fasilitas umum, seperti rumah sakit, tempat ibadah, sekolah, pasar, pusat perbelanjaan maupun rekreasi.
  • Mudah dijangkau oleh transportasi umum, baik bus, kereta api, maupun bandara.
  • Mempunyai akses untuk menuju pusat kota, termasuk jalan tol.
  • Berada di lingkungan bisnis atau pusat perekonomian, seperti kawasan pabrik atau perkantoran.
  • Didukung dengan sistem keamanan yang memadai. Begitu juga dengan kondisi lingkungan sekitar, sebaiknya pilih lokasi dimana tingkat kriminalitasnya rendah.

2. Persiapkan Dana Untuk Investasi Properti

Bisa dikatakan, properti termasuk instrumen investasi yang membutuhkan banyak dana. Bukan hanya untuk membeli tanah beserta bangunan saja, tapi juga biaya pemeliharaan, perbaikan atau renovasi, dan lain-lain.

Maka dari itu, sediakan space dana yang lebih dari cukup, apalagi jika statusnya over kredit. Mau tidak mau, kamu harus menyiapkan dana lagi untuk mengurus balik nama sertifikat bangunan.

3. Tentukan Jenis Properti

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa jenis properti. Pilihlah sesuai dengan dana yang kamu miliki atau kondisi lingkungan sekitar. Misal berada di kawasan pabrik, maka indekos, kontrakan, atau kios bisa menjadi pilihan tepat.

Ketiga jenis properti ini sama-sama bisa mendatangkan keuntungan, daripada kamu membiarkannya dalam bentuk tanah kosong. Bukannya untung, malah bisa menjadi tempat pembuangan sampah.

4. Cari Pengembang Profesional

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini membeli properti tidaklah sulit. Ada barang dan uang, maka kesepakatan jual-beli bisa langsung dilakukan. Namun berhati-hatilah, karena penipuan properti bisa terjadi kapan saja dan pasti merugikan.

Jika properti tersebut berupa bangunan, carilah yang berasal dari pengembang ternama dan sudah terbukti profesionalitasnya. Trik ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi, agar tidak menjadi korban penipuan.

Misalnya, kualitas material dan bangunan ternyata tidak sesuai dengan yang tertera pada deskripsi. Sebagai langkah antisipasi, pastikan untuk memeriksa track record-nya terlebih dahulu.

5. Cek Harga Pasar

Setelah mendapatkan properti yang memenuhi ketiga hal di atas, jangan terburu-buru untuk membelinya. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu, salah satunya adalah mengecek harga pasar.

Kamu bisa melakukan riset secara online maupun datang langsung ke lokasi dan bertanya pada masyarakat/ kelurahan setempat. Riset ini bisa menghindarkan kamu dari tindak penipuan yang ternyata juga bisa mempengaruhi harga jual properti sekitarnya.

Pastikan Status Investasi Properti Aman

Meski harganya sangat murah, jangan mau membeli tanah yang statusnya tidak jelas atau dalam sengketa. Hal seperti ini bisa mendatangkan masalah di kemudian hari dan berujung pada kehilangan aset.

Baca juga: Peluang Usaha Modal 10 Jutaan

Di sinilah pentingnya untuk melakukan riset, selain cek harga pasar juga bisa bertanya tentang seluk-beluk aset tersebut. Untuk alasan keamanan dan kenyamanan, pilihlah yang status kepemilikannya benar-benar bersih atau jelas.

Kunci utama sukses investasi properti adalah sabar melalui prosesnya. Sambil menunggu mendapatkan properti yang pas, kamu bisa mencari referensi di situs WapBlog.id, pusat informasi lowongan pekerjaan dan bisnis.

Subscribe

Ikuti Google News dan sosial media kami untuk mendapatkan informasi terkini.